Bisa Yuk, Pengusaha Lawan Resesi

Momok resesi bagi pengusaha adalah saat konsumen menahan pengeluaran dan menipisnya pendapatan pengusaha. Ekonomi yang tidak stabil membuat pengusaha harus benar-benar memahami peta bisnis dengan fasih.

Memang tak mudah menjadi pengusaha apalagi di tengah badai resesi. Tak hanya bekerja keras, kamu juga wajib bekerja cerdas biar tak tergulung resesi. Kita simak cara yang dikutip dari laman Liputan6.com berikut ini ya.

 

Fleksibel

Menjalani bisnis yang fluktuatif adalah skill pertama yang harus dimiliki seorang pengusaha. Kemampuan beradaptasi diperlukan agar bisnis bisa terus melaju walau perekonomian tak menentu, apalagi saat resesi.

Jangan ragu pula untuk memilih menunggu sambil menunggu pasar menjadi lebih menarik. Sambil mencari peluang, gunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran, mengaudit fluktuasi kebutuhan klien yang paling signifikan, kemudian menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan baru klien.
 

Meminta Bantuan 

Pandemi telah memberikan pelajaran penting bagi pengusaha untuk tidak bekerja sendiri. Mika Altidor, pendiri toko roti vegan V&M Bakery, misalnya. Dia mengerti tidak bisa melawan gelombang pandemi seorang diri.

Dengan tingkat kegagalan 80 persen , banyak restoran gulung tikar di bawah tekanan pandemi. Altidor mengumpulkan mereka untuk membuat pelatihan dan keahlian mentor. Dia menulis buku masak, bekerja sama dengan restoran lokal, dan memimpin pembangkit tenaga listrik kolektif di daerah setempat.

 

Bergabung dengan Komunitas

Untuk menjalankan bisnis yang tahan resesi, kamu harus bergandengan tangan dengan individu yang satu frekwensi. Cobalah untuk bergabung di komunitas atau grup yang dimoderasi secara memadai untuk membantu pertumbuhan bisnis kamu.

Seringkali pengusaha ditawari ilusi bekerja lebih keras akan meningkatkan pendapatan. Kenyataannya, bekerja lebih cerdas dan mengelilingi diri dengan orang-orang yang telah melewati perjalanan serupa dengan sukses adalah cara paling cerdik untuk meningkatkan rencana bisnis kamu.

Produk & Promo Terkait

Artikel Terkait