Tips Membuka Bisnis Jasa Money Changer

Jika kamu perhatikan tips investasi untuk usaha tertentu yang menghasilkan keuntungan walau dengan modal sedikit, maka akan kamu temui beberapa jenis bisnis yang bisa dijalani. Salah satunya adalah bisnis jasa penukaran uang money changer. Selain tidak butuh banyak modal, bisnis seperti ini cukup menjanjikan karena menawarkan keuntungan yang lebih dari lumayan.

Buat kamu yang mau membuka usaha bisnis money changer, ada beberapa tips yang dikutip dari koinwork.id.  Berikut beberapa di antaranya:

 

Konsep bisnis money changer

Konsep bisnis money changer adalah mengambil untung dari memberikan layanan jasa penukaran uang. Artinya, pelaku usaha ini harus memiliki stok mata uang asing tertentu, tergantung mata uang yang paling laris. Keuntungan yang didapat berasal dari selisih nilai mata uang yang ditukar.

 

Memahami nilai mata uang asing

Kamu harus paham perbedaan setiap mata uang asing baik dari sisi gambar atau nilainya. Meskipun terlihat sepele, namun tidak boleh diremehkan. Jangan sampai  antara satu mata uang tertukar dengan mata uang lain.

 

Up to date dengan perkembangan pasar

Pelaku usaha money changer ini harus selalu up to date dengan perkembangan nilai mata uang terakhir sehingga bisa mengambil keuntungan yang maksimal. Dibutuhkan koneksi internet untuk mengakses perkembangan nilai mata uang secara real time.

 

Lokasi strategis

Tempat wisata menjadi tempat yang strategis karena banyak wisatawan asing yang akan menukarkan uangnya dengan rupiah. Tempat mess atau perkampungan TKI juga menjadi lokasi yang strategis karena banyak TKI yang membutuhkan mata uang asing.

 

Strategi marketing

Layaknya jenis usaha lain, marketing yang tepat juga dibutuhkan dalam usaha money changer. Jika skala usaha money changer ini hanya setingkat toko depan rumah, mungkin marketing sederhana dengan cara mengenalkan toko ke masyarakat sekitar sudah cukup. 

 

Mendaftarkan toko atau perusahaan money changer

Hal penting yang lain adalah mendaftarkan toko atau perusahaan money changer. Hal ini dikarenakan jika toko tersebut tidak terdaftar, maka bisa saja terjadi penutupan paksa lantaran beberapa hal. Bagi mereka yang ingin menghindari hal yang tidak diinginkan, serta memang serius untuk membuka usaha ini, mendaftarkan toko atau perusahaan mereka sehingga menjadi legal merupakan keharusan.

Bisnis money changer juga bisa dikerjakan secara serius untuk mendapatkan keuntungan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memahami resiko bisnis dan tips investasi dari jenis usaha ini. 

Produk & Promo Terkait

Artikel Terkait